Translate

Sabtu, 28 Agustus 2010

Bahan Kimia Alkohol

Salah satu bahan kimia yaitu alkohol merupakan  larutan senyawa yang berbentuk seperti air (cair) dan memiliki satu senyawa hidrogen dalam bentuk rantai atau cincin hidrokarbon.

Dalam ilmu kimia, alkohol (atau alkanol) adalah istilah yang umum untuk senyawa organik apa pun yang memiliki gugushidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon, yang ia sendiri terikat pada atom hidrogen dan/atau atom karbon lain. Sifat fisis bahan kimia alkohol, mempunyai titik didih yang tinggi dibandingkan bahan kimia alkana-alkana yang jumlah atom C nya sama. Hal ini desebabkan antara molekul alkohol membentuk ikatan hidrogen. 






Rumus umum bahan kimia alkohol R-OH, dengan R adalah suatu alkil baik alifatis maupun siklik. Dalam alkohol, semakin banyak cabang semakin rendah titik didihnya. Sedangkan dalam air, metanol, etanol, propanolol mudah larut dan hanya butanol yang sedikit larut. Bahan kimia Alkohol dapat berupa cairan encer dan mudah bercampur dengan air dalam segala perbandingn (Brady, 1999).

Gugus fungsional bahan kimia alkohol adalah gugus hidroksil yang terikat pada karbon hibridisasi sp3. Ada tiga jenis utama bahan kimia alkohol adalah 'primer', 'sekunder, dan 'tersier'. Nama-nama ini merujuk pada jumlah karbon yang terikat pada karbon C-OH. Alkohol primer paling sederhana adalah metanol. Alkohol sekunder yang paling sederhana adalah 2-propanol, dan alkohol tersier paling sederhana adalah 2-metil-2-propanol.

Berdasarkan jenisnya, bahan kimia alkohol ditentukan oleh posisi atau letak gugus OH pada rantai karbon utama karbon. Ada tiga jenis alkohol antara lain :

1.   Alkohol primer

Alkohol yang gugus –OH nya terletak pada C primer yang terikat langsung pada satu atom karbon yang lain.

2.  Alkohol sekunder

Alkohol yang gugus –OH nya terletak pada atom C sekunder yang terikat pada dua atom C yang lain.

3.  Alkohol tersier

Alkohol yang gugus –OH nya terletak pada atom C tersier yang terikat langsung pada tiga atom C yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar